UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBUKA DAN MENUTUP PEMBELAJARAN MELALUI PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK OBSERVASI KELAS DI SD NEGERI 200113 PADANGSIDIMPUAN

  • Rosyidah . Dinas Pendidikan Kota Padangsidimpuan
Keywords: Membuka Menutup Pembelajaran, Supervisi Akademik, Observasi Kelas

Abstract

Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi guru dalam pembelajaran. Tujuan khusus penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan guru dalam membuka dan menutup pembelajaran melalui kegiatan supervisi akademik teknik observasi kelas di SD Negeri 200113 Padangsidimpuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik teknik observasi kelas di SD Negeri 200113 Padangsidimpuan berhasil meningkatkan keterampilan guru dalam membuka dan menutup pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian siklus II lebih tinggi dari pada hasil penilaian supervisi akademik teknik observasi kelas siklus I yaitu yaitu 69,6% meningkat menjadi 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik teknik observasi kelas dapat meningkatkan keterampilan guru SD Negeri 200113 Padangsidimpuan dalam membuka dan menutup pembelajaran.

Published
2019-02-15
How to Cite
., R. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBUKA DAN MENUTUP PEMBELAJARAN MELALUI PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK OBSERVASI KELAS DI SD NEGERI 200113 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL PENGEMBANGAN EDUKASIONAL INDONESIA, 2(1), 22. Retrieved from http://edukasional.co.id/index.php/JPEI/article/view/9