PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN

  • ALI YUSRON Kementrian Agama Kota Padangsidimpuan
Keywords: Supervisi Klinis, Kompetensi Guru, Media Pembelajaran

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan guru-guru Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan dalam penggunaan media pembelajaran melalui pelaksanaan supervisi klinis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian,  dimana pada siklus I kemampuan supervisor dalam pelaksanaan supervisi klinis memperoleh persentase skor 86% dan kemampuan guru dalam merancang dan menggunakan media pembelajaran memperoleh persentase skor 68%, sedangkan pada siklus II menunjukan peningkatan yang signifikan, dimana kemampuan kemampuan supervisor dalam pelaksanaan supervisi klinis memperoleh persentase skor 95% dan kemampuan guru dalam merancang dan menggunakan media pembelajaran memperoleh persentase skor 83,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi klinis mampu memecahkan masalah dan kesulitan yang dihadapi guru dalam merancang maupun menggunakan media pada proses pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan.

Published
2019-02-15
How to Cite
YUSRON, A. (2019). PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL PENGEMBANGAN EDUKASIONAL INDONESIA, 2(1), 1-5. Retrieved from http://edukasional.co.id/index.php/JPEI/article/view/4