PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MENYUSUN TEST HASIL BELAJAR MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI 200107 PADANGSIDIMPUAN

  • Suraini . Guru SD Negeri 200107 Padangsidimpuan
Keywords: Kinerja Guru, Supervisi Akademik

Abstract

Model pembelajaran merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Penerapan model pembelajaran adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 200107 Padangsidimpuan dengan subjek penelitian yang berjumlah 13 orang guru. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes, pengamatan atau lembaran observasi serta instrumen-instrumen lain penunjang penelitian. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pelaksanaan supervisi akademik mampu meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif. Untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif dilakukan supervisi akademik. Data awal yang dilakukan selama tahap pra siklus diperoleh rata-rata kompetensi guru dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif adalah 61,69. Kemudian dilakukan siklus I. Kompetensi yang diperoleh guru setelah pelaksanaan siklus I adalah 69,35. Pada tahap pra siklus dan siklus I terjadi peningkatan kompetensi yang signifikan walau belum masuk kepada kategori memuaskan. Melihat hasil yang diperoleh pada siklus I maka perlu dilakukan siklus II. Kompetensi yang diperoleh guru setelah pelaksanaan siklus II adalah 82,54. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi kenaikan yang signifikan dari kompetensi guru dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif.

Published
2019-12-02
How to Cite
., S. (2019). PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MENYUSUN TEST HASIL BELAJAR MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI 200107 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL PENGEMBANGAN EDUKASIONAL INDONESIA, 2(2), 48-55. Retrieved from http://edukasional.co.id/index.php/JPEI/article/view/20