UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PADA POKOK BAHASAN SEMUA BERSIH HIDUP JADI NYAMAN DI KELAS VII-1 SMP NEGERI 1 BATANGTORU TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • YASRIDA YANTI SIHOMBING SMP Negeri 1 Batangtoru
Keywords: Discovery Learning, Semua Bersih Hidup Jadi Nyaman, hasil belajar siswa

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang tujuannya dapat menambah pengetahuan dalam menumbuhkan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam sehingga dapat meningkatkan proses pembelajaran pada tingkat sekolah menengah  pertama. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Arikunto. Dimana langkah-langkahnya adalah (1) Tahap Perencanaan, (2) Tahap pelaksanaan Tindakan, (3) Tahap Observasi dan pengamatan, (4) Tahap Refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah angket dan tes hasil belajar berupa tes soal.  Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan dari hasil analisis data  terdapat peningkatan sebelum tindakan, lanjut ke siklus I, dan pada siklus II. Hal tersebut dapat terlihat pada peningkatan ketuntasan belajar klasikalnya adalah pada saat sebelum tindakan adalah sebesar 52,94 % sedangkan pada akhir siklus I mengalami peningkatan belajar klasikalnya sebesar 73,53 %, dan pada akhir siklus II mengalami peningkatan kembali belajar klasikalnya sebesar 94,12 %. Sehingga Penerapan model pembelajaran Discovery Learning yang dilaksanakan di kelas VII-1 SMP Negeri 1 Batangtoru pada tahun pelajaran 2018/2019 dapat meningkatkan hasil belajar siswa  dengan kriteria sangat tinggi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Published
2018-10-06
How to Cite
SIHOMBING, Y. (2018). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PADA POKOK BAHASAN SEMUA BERSIH HIDUP JADI NYAMAN DI KELAS VII-1 SMP NEGERI 1 BATANGTORU TAHUN PELAJARAN 2018/2019. JURNAL PENGEMBANGAN EDUKASIONAL INDONESIA, 1(1), 6. Retrieved from http://edukasional.co.id/index.php/JPEI/article/view/2