MENINGKATKAN KUALITAS PERILAKU KEJUJURAN SISWA MELALUI PENDEKATAN KOPERASI KEJUJURAN KELAS I SD NEGERI 200311 PADANGSIDIMPUAN T.A 2016/2017

  • Seri Hannum Guru SD Negeri 200311 Padangsidimpuan
Keywords: Koperasi Kejujuran, Perilaku Kejujuran Siswa

Abstract

Kejujuran adalah mengatakan yang sebenar-benarnya, orang yang jujur adalah orang yang suci dalam pikiran dan perkataannya. Kejujuran siswa perlu ditingkatkan melalui koperasi kejujuran. Koperasi kejujuran adalah usaha bersama dengan kepercayaan untuk mengambil barang dan uang kembaliannya sendiri. Kondisi awal siswa berjumlah 23 anak, kurang lebih 30% anak kurang jujur, dan 70 % yang jujur. Subjek penelitian ini adalah kualitas perilaku kejujuran. Penelitian ini terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan analisis data penelitian perilaku kejujuran siswa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I Tingkat kejujuran siswa mencapai 56,52%, setelah dilakukan tindakan siklus II tingkat kejujuran menjadi 100% hasil tes tersebut mengalami peningkatan 43,47%. Pada siklus I siswa yang kurang jujur 30,43% setelah dilakukan siklus II berkurang menjadi 0%, dan siswa yang curang pada siklus I yaitu 13,04% setelah dilakukan tindakan siklus II berkurang menjadi 0%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa guru SD hendaknya pada pembelajaran Tematik pada subtema kejujuran memanfaatkan koperasi kejujuran sebagai media. Pembelajaran tersebut berhasil meningkatkan kualitas perilaku kejujuran siswa. Peneliti bidang studi Tematik termotivasi untuk melakukan penelitian tentang penerapan model-model pembelajaran yang lain sebagai lanjutan dari penelitian ini, sehingga diperoleh alternative pembelajaran baru.

Published
2019-12-02
How to Cite
Hannum, S. (2019). MENINGKATKAN KUALITAS PERILAKU KEJUJURAN SISWA MELALUI PENDEKATAN KOPERASI KEJUJURAN KELAS I SD NEGERI 200311 PADANGSIDIMPUAN T.A 2016/2017. JURNAL PENGEMBANGAN EDUKASIONAL INDONESIA, 2(2), 36-40. Retrieved from http://edukasional.co.id/index.php/JPEI/article/view/18