PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS IX-9 SMP NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN T.A 2016/2017

  • Resi Siagian Guru SMP Negeri 2 Padangsidimpuan
Keywords: Snowball Throwing, Audio Visual, pembelajaran IPS.

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan kualitas pembelajaran IPS menggunakan model Snowball Throwing dengan media Audio Visual serta meningkatkan keterampilan guru, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan model Snowball Throwing dengan media Audio Visual Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 1 kali pertemuan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.  Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IX-9 SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik tes dan non tes yang terdiri dari observasi dan catatan observer untuk memberi masukan terhadap peneliti. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran IPS. Pada siklus I rerata skor keterampilan guru adalah 30 (kategori baik), rerata nilai hasil belajar siswa 68,89 dengan ketuntasan klasikal 53,33%. Pada siklus II, rerata skor keterampilan guru 38 (kategori sangat baik), rerata hasil belajar siswa sebesar 84,33 dengan ketuntasan klasikal 83,33%. Simpulan penelitian ini yaitu model Snowball Throwing dengan media Audio Visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yang meliputi keterampilan guru dan hasil belajar siswa kelas IX-9. Saran peneliti sebaiknya guru menerapkan model Snowball Throwing dengan media Audio Visual dalam kegiatan pembelajaran

Published
2019-12-02
How to Cite
Siagian, R. (2019). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS IX-9 SMP NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN T.A 2016/2017. JURNAL PENGEMBANGAN EDUKASIONAL INDONESIA, 2(2), 29-35. Retrieved from http://edukasional.co.id/index.php/JPEI/article/view/17