PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 200107 PADANGSIDIMPUAN MELALUI PROBLEM BASED LEARNING PADA T.A 2017/2018

  • Megawati . Guru SD Negeri 200107 Padangsidimpuan
Keywords: Problem Based Learning, Kreatifitas Matematik, Pecahan

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui bagaimana peningkatan berpikir kreatif matematika siswa melalui penerapan model Problem Based Learning di Kelas V SD Negeri 200107 Padangsidimpuan, untuk mengetahui bagaimana peningkatan kreativitas belajar matematika siswa melalui penerapan model Problem Based Learning di Kelas V SD Negeri 200107 Padangsidimpuan, dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kinerja guru melalui penerapan model Problem Based Learning di Kelas V SD Negeri 200107 Padangsidimpuan. Kreativitas siswa meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi pecahan di Kelas V SD Negeri 200107 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil pada siklus I yaitu 6,35 meningkat menjadi 7,62, pada siklus II. Aktivitas siswa meningkat dalam kegiatan belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi pecahan di Kelas V SD Negeri 200107 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dilihat dariĀ  hasil siklus I yaitu 57,25% meningkat menjadi pada siklus 81,96%. Kinerja guru dalam mengelola pembelajaran meningkat dengan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi pecahan di Kelas V SD Negeri 200107 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dilihat dariĀ  hasil siklus I yaitu 59,62% meningkat menjadi pada siklus 90,38%.

Published
2019-12-02
How to Cite
., M. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 200107 PADANGSIDIMPUAN MELALUI PROBLEM BASED LEARNING PADA T.A 2017/2018. JURNAL PENGEMBANGAN EDUKASIONAL INDONESIA, 2(2), 23-28. Retrieved from http://edukasional.co.id/index.php/JPEI/article/view/16