PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RPP BERKARAKTER DI SD NEGERI 200307 PADANGSIDIMPUAN

  • Lely Mariani SD Negeri 200117 Sadabuan
Keywords: Berkarakter, Kompetensi Guru, Supervisi

Abstract

RPP merupakan komponen yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Penekanan terhadap pengembangan aspek karakter peserta didik menjadikan RPP Berkarakter sebagai bagian penting dalam proses pembelajaran yang mengedepankan kepada penyeimbangan pengembangan aspek pengetahuan dan aspek karakter dari peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 200307 Padangsidimpuan dengan subjek penelitian yang berjumlah 9 orang guru. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes, pengamatan atau lembaran observasi serta instrumen-instrumen lain penunjang penelitian. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali supervisi akademik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pelaksanaan supervisi akademik mampu meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP berkarakter. Untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP Berkarakter dilakukan supervisi akademik. Kompetensi yang diperoleh guru setelah pelaksanaan siklus I adalah 70,28. Pada tahap pra siklus dan siklus I terjadi peningkatan kompetensi yang signifikan walau belum masuk kepada kategori memuaskan. Melihat hasil yang diperoleh pada siklus I maka perlu dilakukan siklus II. Kompetensi yang diperoleh guru setelah pelaksanaan siklus II adalah 80,61. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi kenaikan yang signifikan dari kompetensi guru dalam menyusun RPP Berkarakter.

Published
2019-12-02
How to Cite
Mariani, L. (2019). PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RPP BERKARAKTER DI SD NEGERI 200307 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL PENGEMBANGAN EDUKASIONAL INDONESIA, 2(2), 16-22. Retrieved from http://edukasional.co.id/index.php/JPEI/article/view/15