PENINGKATAN HASIL BELAJAR AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI PROBLEM BASED INTRODUCTION SISWA KELAS IVA SD NEGERI 200111 PADANGSIDIMPUAN T.A 2018/2019

  • Kanila Depi Guru SD Negeri 200111 Padangsidimpuan
Keywords: Hasil Belajar, Strategi Problem Based Introduction

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan dalam pembelajaran Agama di kelas IVA SD Negeri 200111 Padangsidimpuan dimana sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami bacaan dan materi pembelajaran Agama Islam, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswapun rendah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Agama diterapkan Strategi Pembelajaran Problem Based Introduction pada siswa kelas IVA SD Negeri 200111 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IVA SD Negeri 200111 Padangsidimpuan yang berjumlah 24 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian dari setiap siklus yang telah dilaksanakan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Problem Based Introduction menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian siswa dalam pembelajaran, dimana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru mencapai ketuntasan 62.5% dengan nilai rata-rata siswa 74.9, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan ketuntasan mencapai 83.33% dan nilai rata-rata siswa 80.8. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Strategi Pembelajaran Problem Based Introduction dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Agama di kelas IVA SD Negeri 200111 Padangsidimpuan.

Published
2019-12-02
How to Cite
Depi, K. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI PROBLEM BASED INTRODUCTION SISWA KELAS IVA SD NEGERI 200111 PADANGSIDIMPUAN T.A 2018/2019. JURNAL PENGEMBANGAN EDUKASIONAL INDONESIA, 2(2), 8-15. Retrieved from http://edukasional.co.id/index.php/JPEI/article/view/14