UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PETA KONSEP PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2016/2017

  • Jamaluddin Lubis Guru SMP Negeri 4 Padangsidimpuan
Keywords: Hasil Peningkatan, Model Pembelajaran Peta Konsep

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan dalam pembelajaran IPS di kelas IX SMP Negeri 4 Padangsidimpuan , dimana sebagian besar siswa memiliki motivasi belajar yang rendah dan mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran IPS, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa pun tidak optimal. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS digunakan Model Pembelajaran Peta Konsep pada siswa kelas IX SMP Negeri 4 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IX SMP Negeri 4 PadangsidimpuanĀ  dengan jumlah 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian dari setiap siklus yang telah dilaksanakan dalam pembelajaran IPS menggunakan Model Pembelajaran Peta Konsep menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian siswa dalam pembelajaran, dimana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru mencapai ketuntasan 63,4% dengan nilai rata-rata siswa 69,2, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan nilai rata-rata siswa 80,2 dan ketuntasan 86,6%. Disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Peta Konsep berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IX SMP Negeri 4 Padangsidimpuan

Published
2019-12-02
How to Cite
Lubis, J. (2019). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PETA KONSEP PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2016/2017. JURNAL PENGEMBANGAN EDUKASIONAL INDONESIA, 2(2), 1-7. Retrieved from http://edukasional.co.id/index.php/JPEI/article/view/13